Wednesday, May 8, 2013

Penyakit Diabetes Mellitus

Penyakit Diabetes Mellitus


diabetes melitusDiabetes mellitus merupakan salah satu penyakit yang termasuk dalam kompetensi dokter umum. Jadi dimanapun anda berada (bahkan di tempat terpencil pun), anda bisa konsultasikan tentang diabetes mellitus kepada dokter (baik umum maupun spesialis).
Diabetes mellitus atau biasa kita kenal kencing manis digolongkan sebagai gangguan metabolisme yang mengacu pada bagaiman cara tubuh kita mencerna makanan untuk energi dan pertumbuhan. Sekarang jawablah pertanyaan berikut : makanan pokok yang paling sering anda makan apa? Kami yakin bahwa anda akan menjawab nasi (atau makanan olahan gandum bagi orang di luar Indonesia). Tahukah anda, sebagian besar dari apa yang kita makan dipecah menjadi glukosa, terutama sumber makanan yang memiliki karbohidrat tinggi seperti nasi, roti, dll. Glukosa adalah suatu bentuk gula dalam darah inilah sumber utama bahan bakar bagi tubuh kita.
Ketika makanan kita dicerna glukosa membuat jalan ke dalam aliran darah. Sel-sel kita menggunakan glukosa untuk energi dan pertumbuhan. Namun, glukosa tidak bisa masuk ke sel tanpa hormone insulin. Insulin adalah hormon yang dihasilkan oleh pankreas. Setelah makan, pankreas otomatis melepaskan insulin untuk memindahkan glukosa dalam darah kita ke dalam sel, dan menurunkan tingkat gula darah. Ini sekaligus menjawab kenapa orang yang menderita DM (Diabetes mellitus) umumnya disuntik insulin setiap hari!
Seseorang dengan penyakit diabetes mellitus memiliki kondisi di mana jumlah glukosa dalam darah terlalu tinggi (hiperglikemia). Hal ini karena tubuh tidak memproduksi cukup insulin atau bisa juga pankreas memang tidak memproduksi insulin (salah satunya karena kerusakan pankreas). Hal ini menyebabkan terlalu banyak glukosa dalam darah. kelebihan glukosa darah akhirnya menyebabkan glukosa lolos keluar dari tubuh dalam urin. Jadi, jangan heran jika ada orang yang menderita diabetes mellitus, air kemihnya akan digerogoti semut.

Tipe Tipe Diabetes Mellitus

Ada 2 jenis diabetes mellitus, Berikut kami jelaskan secara sederhana :
Penyakit Diabetes Melitus Tipe 1 – Anda memproduksi insulin sama sekali. Keadaan ini mungkin disebabkan oleh kerusakan pankreas. Sehingga jika ini terjadi, sayang sekali penderita harus disuntik insulin setiap hari dan mengatur makanan yang rendah glukosa.
Penyakit Diabetes Mellitus Tipe 2 – Anda tidak memproduksi insulin yang cukup, atau insulin tidak bekerja dengan baik. Ada beberapa kondisi yang menyebabkan ini terjadi. Jika anda konsultasikan kepada dokter, peluang untuk sembuh semakin besar.

No comments:

Post a Comment